Senin, 26 September 2011

Anjuran beristinja

Anjuran dalam istinja

1. Masuk wc dengan kaki kiri terlebh dahulu.(Tirmidzi). * Usahakan dengan beralas kaki untuk menghindari najis.(Imam Nawawi)

2. Sebelum masuk wc/kamar mandi baca doa :
 ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺇﻨﻰ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻤﻥ ﺍﻟﺧﺑﺚ ﻮ ﻟﺧﺑﺎ ﺌﺙ
(Allahumma inni `a`udzubika minal khubutsi walkhoba is), artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari gangguan syetan laki-laki dan wanita.” (Bukhari, Muslim)

3. Keluar wc dengan kaki kanan terlebih dahulu, kemudian membaca doa :
ﻏﻔﺮﺍﻨﻚ. ﺍﻠﺤﻤﺪ ﷲ ﺍﻟﺬﻱ ﺃﺬ ﻫﺏ ﻋﻧﻰ ﺍﻷ ﺬٰ ﻯ ﻮﻋﺎ ﻓﻨﻰ
(Ghufronaka. Alhamdulillahilladzi adzhaba `annil adzaa wa `aafanii), artinya “Aku mohon ampunan-Mu. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dariku dan menyembuhkanku.” (Tirmidzi, Nasa`i, Ibnu Majah)

4. Wc adalah tempat berkumpulnya syetan, mudharat berlama-lama didalamnya. Jika telah selesai hajatnya, secepatnya keluar dari wc. (Nasa`i, Ibnu Majah)

5. Dianjurkan bertutup kepala ketika didalam wc. Dan baru membukanya jika perlu membasahi rambut kita. (Ibnu Sa`ad).

6. Buang air hendaknya dengan jongkok, jangan berdiri. Buang air berdiri adalah perbuatan yahudi dan nasrani. (Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Nasa`i)

7. Beristinjak hanya dengan tangan kiri. Jangan menyentuh kemaluan dengan tangan kanan. (Bukhari, Nasa`i, Muslim, Tirmidzi)

8. Benda-benda yang diblehkan untuk beristinja yaitu, air, batu, tanah liat yang keras dan kertas. Digunakan sebanyak 3 kali atau jumlah ganjil. (Bukhari, Ibnu Majah)

9. Sunnah menghemat air, gunakan secukupnya saja.

10. Hati-hati dengan cipratan air kencing, terutama ketika kencing berdiri. Banyak orang disiksa didalam kubur, karena tidak berhati-hati ketika istinja dan tidak sempurna ketika berwudhu. (Bukhari, Muslim, Ibnu Majah)
My Great Web page

Tidak ada komentar:

Posting Komentar