Sabtu, 24 September 2011

Adab Tidur

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita tidur,
Berikut ini, tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam ketika hendak tidur.
1. Sebelum tidur sunnah berwudhu dulu, sebagaimana wudhu sholat. (Bukahari, Muslim)
2. Sunnah mengibas-ibas alas tidur sebelum dihamparkan, (Bukhari). Abu Hurairah ra bahwasanya Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam bersabda:“Apabila seorang dari  kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengirapkan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…” Di dalam satu riwayat dikatakan: “tiga kali”. (Muttafaq `alaih).
3. Sebelum tidur hendaknya menghisab diri, mengoreksi amal perbuatan kita pada hari itu dan berniat akan beramal lebih baik pada hari berikutnya. (Umar bin Khattab)
4. Sebelum tidur berniat bangun tahajjud. Dan mengajak keluarga bersama-sama mengerjakan Sholat tahajjud. (Bukhari,Muslim,Dabu Dawud)
5. Sunnah tidur dengan posisi tulang rusuk kanan berada dibawah, muka dan badan menghadap kekiblat, dan telapak tangan diletakkan dibawah pipi. (Bukhari, Muslim, Tirmidzi).* Boleh tidur terlentang dengan meletakkan kaki yang satu diatas kaki yang lainnya. (Bukhari, Muslim).
6. Hendaknya menjaga aurat, walupun dikamar sendiri.(Tirmidzi, Nasa'i). * Wanita dianjurkan agar selalu memakai selimut ketika tidur.
7. Anak laki-laki dan perempuan hendaknya dipisahkan tempat tidurnya setelah berumur 6 tahun.(Abu Dawud, Tirmidzi)
8. Sebelum tidur hendaknya menjauhkan benda-benda tajam dari sisi kita.

Larangan dalam tidur :
1. Dilarang tidur tengkurap. Itu adalah cara tidur yang dibenci Allah.. (Abu Dawud, Tirmidzi)
2. Dilarang tidur hanya berselimut, tanpa berpakaian apapun. (Muslim)
3. Sesama lelaki atau sesama wanita dilarang tidur dalam satu selimut.(Muslim)
4. Dilarang menceritakan mimpi buruk kepada siapa pun. Disunnahkan menceritakan mimpi baik kepada orang yang dipercaya. (Bukhari)

Bacaan sebelum tidur
1. Membaca surat Al-Iklhas, Al-Falaq, An-Nas, kemudian ditiupkan ketelapak tangan dan di usapkan ke seluruh anggota badan, sebanyak tiga kali.(Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasa'i).
2. Membaca surat Al-Kafirun. Barang siapa membacanya sebelum tidur, akan terhindar dari sifat syirik.(Thabrani, Abu Dawud, Nasa'i).
3. Dianjurkan beristigfar sebanyak-banyaknya, minimal tiga kali. Dan sedikitnya sepuluh ayat Al-Qur'an sebelum tidur malam. Barang siapa membaca pada malam hari dan ia meninggal dunia, maka ia tidak tergolong orang-orang yang lalai.(Tirmidzi)
4. Membaca tasbih Fatimah, Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, Allahu Akbar 33 kali. Barang siapa yang membaca sebelum tidur, akan bangun dalam keadaan segar bugar.(Muslim)
5. Kemudian membaca doa : بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ (Bismika Allahumma Amuutu Wa ahya) ” Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, aku mati dan aku hidup.”
(Bukhari)
6. Bangun tidur dengan membaca : 
الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ 
(“Alhamdu Lillahilladzii Ahyaanaa ba’da maa Amaatanaa wa ilaihinnusyuuru”) “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami dimatikan-Nya, dan kepada-Nya lah kami dikembalikan.” ( Al-Bukhari)
7. Setelah bangun sunnah mencuci tangan tiga kali. Jangan menyentuh makanan dan minuman apapun sebelum cuci tangan. Sunnah segera bersiwak, mangmbil air wudhu, serta memasukkan air kehidung, karena syetan banyak yang bersembunyi dilubang hidung ketika tidur.(Bukhari). Lalu sholat dua rekaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar