Rabu, 28 September 2011

Larangan beristinja

Larangan dalam istinja :
  1. Jangan membawa lafazh "Allah" dan "Muhammad" atau ayat-ayat Al-quran ke dalam wc/kamar mandi. (Nasai).
  2. Jangan membuang hajat menghadap ke arah kiblat dan jangan membelakanginya. Menghadaplah selain ke kedua arah tadi. Boleh membelakangi dan menghadap kiblat, bila didalam bangunan. Itupun bila terpaksa. (Bukhari, Nsai, Muslim, Tirmidzi)
  3. Jangan berbicara atau berkomunikasi didalam wc. (Abu Dawud, Ibnu Majah).
  4. Menjawab salam pun tidak boleh ketika di wc. menjawabnya cukup dengan isyarat. (Muslim, Tirmidzi, Nasai) 
  5. Tidak boleh berdua dikamar mandi, kecuali suami istri. (Abu Dawud, Ibnu Majah).
  6. Tidak boleh beristija dengan tulang atau kotoran hewan yang kering. Benda-benda itu adalah makanan jin. (Muslim, Nasai).
  7. Jangan buang air di lubang-lubang ditanah, karena mungkin tempat tinggal jin. Sa`ad bin Ubadah pernah mati dibunuh jin karena kencing dilubang tanah. Dan jangan dijalan tempat orang lewat, tempat berteduh, disumber air, di pemandian, dibawah pohon berbuah, atau di air yang mengalir. (Muslim, Tirmidzi).
  8. Jangan makan, jangan bernyanyi dan bersiul, didalam wc walaupun tidak sedang buang air atau mandi. (Abu Dawud, Ibnu Majah)
  9. Jangan menampakkan aurat ketika buang air, usahakan bertutup diri atau pergi menjauh agar tidak dilihat oleh umum. (Muslim, Tirmidzi). * Sebaiknya mencari tempat terlebih dahulu yang orang lain tidak melihat, mencium baunya, dan tidak mendengarnya. (Imam Nawawi)
  10. Sunnah menuntaskan sisa air kencing dengan berdehem dan memijit-mijit dari pangkal kemaluan sampai ujungnya 3 kali. (Imam Nawawi)
  11. Jangan memandang kelangit, ke farjinya maupun kepada kotoran yang keluar darinya. Karena hal itu tidak patut dilakukan. Dan makruh pula bagi orang yang buang hajat, berbicara atau melakukan pekerjaan selagi membuang hajatnya. (Muslim, Abu Dawud).
Wallahu A`lam
My Great Web page

Tidak ada komentar:

Posting Komentar